Pentingnya Standard Operating Procedure atau yang dikenal dengan istilah SOP ini memang sangat disadari oleh para pengusaha. Apalagi saat ini jumlah pengusaha di Indonesia semakin banyak. Baik itu pengusaha skala kecil hingga besar. SOP memiliki peran signifikan terhadap kelangsungan perusahaan.
SOP adalah
suatu acuan standar yang digunakan dalam menjalankan suatu usaha. Semua
perusahaan tentu memiliki cara kerja atau prosedur masing-masing untuk mencapai
tujuan atau target usaha. Jika tidak memiliki standar tertentu, maka tujuan pun
akan susah tercapai.
Sudah
menjadi rahasia umum bahwa suatu perusahaan umumnya memiliki lingkup kerja yang
luas. Terlebih lagi dengan tenaga kerja yang berasal dari latar belakang
berbeda-beda. Hal ini tentunya akan berakibat pada kekacauan jika tidak dipandu
dengan suatu pedoman kerja atau SOP.
Seberapa Pentingkah SOP
Keberadaan
SOP bagi suatu perusahaan akan memberikan dampak besar terhadap kelangsungan
usaha yang dijalankan. Hal ini dikarenakan SOP bertindak sebagai acuan bagi
semua staff atau karyawan dalam menjalankan semua tugasnya. Dari sini saja
sudah terlihat betapa pentingnya
Standard Operating Procedure (SOP).
SOP sendiri
bisa diartikan sebagai panduan lengkap untuk semua kegiatan dan operasional
perusahaan agar semua pekerjaan berjalan dengan lancar. Dengan adanya SOP,
semua karyawan mampu memahami lingkup pekerjaan (job description)
masing-masing. Dengan begitu, tidak akan terjadi tumpang tindih antara
karyawan.
Di samping
itu, pentingnya Standard Operating
Procedure (SOP) adalah untuk mengantisipasi terjadinya gangguan dalam pekerjaan.
Kalaupun terjadi gangguan, semua staff akan mengacu kembali pada pedoman (SOP)
yang telah dibuat. Dan pada akhirnya semua pekerjaan dapat ditangani dengan
semestinya.
Apabila
usaha Anda belum memiliki SOP, sebaiknya buat SOP sesegera mungkin. Karena ini
akan berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan. Jika sudah
terbentuk SOP serta mengikutinya, semua pekerjaan akan lebih maksimal dan
memperoleh hasil terbaik bagi kelangsungan usaha yang dijalankan.
Tujuan Dibuatnya SOP
Pentingnya Standard Operating Procedure (SOP) tentu
memiliki tujuan yang tak bisa diremehkan. Karena hakikat SOP sendiri dibuat
untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Itulah mengapa perusahaan menerapkan
kewajiban bagi setiap karyawan untuk selalu berpedoman pada SOP. Ini dia tujuan
dibuatnya SOP.
- Sebagai
Pedoman Umum
SOP
merupakan panduan atau pedoman umum bagi semua karyawan dalam melaksanakan
setiap pekerjaan. SOP berlaku untuk sesama pekerja maupun bagi supervisor.
Dengan mengikuti SOP, semua kegiatan usaha akan terlaksana dengan baik, tidak
berantakan, dan sesuai rencana.
- Memberikan
Penjelasan Deskripsi Kerja
Di dalam
sebuah SOP terdapat penjelasan mengenai wewenang dan tanggung jawab setiap
pekerja. Selain itu juga terdapat alur kerja yang jelas sehingga pelaksanaannya
tetap terkontrol. Ini menjelaskan pentingnya
Standard Operating Procedure (SOP).
- Menghindari
Kesalahan Kerja
Pekerjaan
yang dilakukan berdasarkan pedoman SOP akan membawa kepada hasil yang maksimal.
Kesalahan kerja, duplikasi, hingga pemborosan anggaran dapat dihindari. Dengan
begitu, semua pelaksanaan kegiatan akan berjalan sesuai dengan arahan yang
tepat.
- Menjaga
konsistensi kerja
Pembuatan
SOP juga bertujuan untuk menjaga konsistensi kinerja para karyawan. Dengan
mengikuti arahan yang tepat, para pekerja dapat mempertahankan bahkan
meningkatkan kualitas kerja ke arah yang lebih baik. Hal ini bisa membuat
produktivitas perusahaan kian meningkat.
Dalam
menjalankan usaha memang diperlukan acuan prosedur operasional kerja yang
standar sehingga dapat diikuti oleh semua pihak. Semua pekerja yang terlibat
dalam kegiatan perusahaan baik staff hingga supervisor wajib menerapkan standar
kerja sesuai SOP. Disinilah peran pentingnya
Standard Operating Procedure (SOP).
Keyword: Pentingnya Standard Operating Procedure (SOP)
Deskripsi:
Setiap perusahaan memiliki visi dan tujuan yang ingin dicapai. Pentingnya Standard Operating Procedure (SOP) berperan
besar dalam mewujudkan visi perusahaan.