Langsung ke konten utama

Mengenal Pentingnya Standard Operating Procedure (SOP) Bagi Kelangsungan Usaha


Pentingnya Standard Operating Procedure
atau yang dikenal dengan istilah SOP ini memang sangat disadari oleh para pengusaha. Apalagi saat ini jumlah pengusaha di Indonesia semakin banyak. Baik itu pengusaha skala kecil hingga besar. SOP memiliki peran signifikan terhadap kelangsungan perusahaan.

SOP adalah suatu acuan standar yang digunakan dalam menjalankan suatu usaha. Semua perusahaan tentu memiliki cara kerja atau prosedur masing-masing untuk mencapai tujuan atau target usaha. Jika tidak memiliki standar tertentu, maka tujuan pun akan susah tercapai.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa suatu perusahaan umumnya memiliki lingkup kerja yang luas. Terlebih lagi dengan tenaga kerja yang berasal dari latar belakang berbeda-beda. Hal ini tentunya akan berakibat pada kekacauan jika tidak dipandu dengan suatu pedoman kerja atau SOP.

Download Contoh SOP (GRATIS)


Seberapa Pentingkah SOP

Keberadaan SOP bagi suatu perusahaan akan memberikan dampak besar terhadap kelangsungan usaha yang dijalankan. Hal ini dikarenakan SOP bertindak sebagai acuan bagi semua staff atau karyawan dalam menjalankan semua tugasnya. Dari sini saja sudah terlihat betapa pentingnya Standard Operating Procedure (SOP).

SOP sendiri bisa diartikan sebagai panduan lengkap untuk semua kegiatan dan operasional perusahaan agar semua pekerjaan berjalan dengan lancar. Dengan adanya SOP, semua karyawan mampu memahami lingkup pekerjaan (job description) masing-masing. Dengan begitu, tidak akan terjadi tumpang tindih antara karyawan.

Di samping itu, pentingnya Standard Operating Procedure (SOP) adalah untuk mengantisipasi terjadinya gangguan dalam pekerjaan. Kalaupun terjadi gangguan, semua staff akan mengacu kembali pada pedoman (SOP) yang telah dibuat. Dan pada akhirnya semua pekerjaan dapat ditangani dengan semestinya.

Apabila usaha Anda belum memiliki SOP, sebaiknya buat SOP sesegera mungkin. Karena ini akan berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan. Jika sudah terbentuk SOP serta mengikutinya, semua pekerjaan akan lebih maksimal dan memperoleh hasil terbaik bagi kelangsungan usaha yang dijalankan.

Download Contoh SOP (GRATIS)


Tujuan Dibuatnya SOP

Pentingnya Standard Operating Procedure (SOP) tentu memiliki tujuan yang tak bisa diremehkan. Karena hakikat SOP sendiri dibuat untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Itulah mengapa perusahaan menerapkan kewajiban bagi setiap karyawan untuk selalu berpedoman pada SOP. Ini dia tujuan dibuatnya SOP.

  1. Sebagai Pedoman Umum

SOP merupakan panduan atau pedoman umum bagi semua karyawan dalam melaksanakan setiap pekerjaan. SOP berlaku untuk sesama pekerja maupun bagi supervisor. Dengan mengikuti SOP, semua kegiatan usaha akan terlaksana dengan baik, tidak berantakan, dan sesuai rencana.

  1. Memberikan Penjelasan Deskripsi Kerja

Di dalam sebuah SOP terdapat penjelasan mengenai wewenang dan tanggung jawab setiap pekerja. Selain itu juga terdapat alur kerja yang jelas sehingga pelaksanaannya tetap terkontrol. Ini menjelaskan pentingnya Standard Operating Procedure (SOP).

  1. Menghindari Kesalahan Kerja

Pekerjaan yang dilakukan berdasarkan pedoman SOP akan membawa kepada hasil yang maksimal. Kesalahan kerja, duplikasi, hingga pemborosan anggaran dapat dihindari. Dengan begitu, semua pelaksanaan kegiatan akan berjalan sesuai dengan arahan yang tepat.

  1. Menjaga konsistensi kerja

Pembuatan SOP juga bertujuan untuk menjaga konsistensi kinerja para karyawan. Dengan mengikuti arahan yang tepat, para pekerja dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas kerja ke arah yang lebih baik. Hal ini bisa membuat produktivitas perusahaan kian meningkat.

Dalam menjalankan usaha memang diperlukan acuan prosedur operasional kerja yang standar sehingga dapat diikuti oleh semua pihak. Semua pekerja yang terlibat dalam kegiatan perusahaan baik staff hingga supervisor wajib menerapkan standar kerja sesuai SOP. Disinilah peran pentingnya Standard Operating Procedure (SOP).

Download Contoh SOP (GRATIS)

 ===

 

Keyword: Pentingnya Standard Operating Procedure (SOP)

Deskripsi: Setiap perusahaan memiliki visi dan tujuan yang ingin dicapai. Pentingnya Standard Operating Procedure (SOP) berperan besar dalam mewujudkan visi perusahaan.

Download Contoh SOP (GRATIS)

Postingan populer dari blog ini

Punya Merek Itu Penting, Jangan Nunggu Saat Genting !

Pada dasarnya, manusia itu apapun suku, agama dan statusnya, punya rasa ingin dibedakan. Anda punya karakter khas dan unik yang tidak sama dengan orang lain, walaupun ada yang sama dalam nama. Orang yang ini mungkin akan beda baik fisik dan psikis dengan orang yang lain.  Apalagi saat dibanding-bandingkan antara anda dengan yang lain, pasti secara naluri anda ingin dibedakan. Kalo bisa tampil beda totalitas. Itu lumrah dan sebuah fitrah.  Begitupun saat anda berniaga, yang disana terjadi persaingan dagang dalam meraih laba, maka dalam kompetisi ini anda pasti ingin membedakan diri di antara sesama penjual. Kondisi sangat kritis akan terjadi ketika konsumen dan calon konsumen jenuh disebabkan terlalu banyak produk yang sama dalam pasar dagang. Jenuh karena secara benefit seluruh produk yang ada sama-sama 1 (satu) manfaat. Sementara anda sebagai penjual sejatinya ingin produk cepat laku, padahal yang lain juga jual produk yang sama. Maka masing-masing (termasuk anda) punya

KPMI Entrepreneur School (KES) Angkatan Ke-8

Sekolah Pengusaha Muslim KPMI Entrepreneur School (KES) Angkatan 8 Hotel Balairung, Jakarta 24 Agustus - 24 Nopember 2019 Dibuka pendaftaran hingga maksimum 55 orang peserta. Apa itu KES? KPMI Enterpreneur School (KES), adalah sekolah Bisnis yang diwelenggarakan oleh KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia). KES akan menjadi pembeda KPMI dengan komunitas bisnis lainnya. KES bukan sekedar memberi pemahaman tentang ekonomi dan motivasi bisnis, namun lebih pada pemahaman tentang syariah yang dibutuhkan semua pebisnis. Materi yang disajikan dalam KES meliputi materi syariah (60%) dan bisnis/ manajemen (40%), ditempuh selama 28 sesi pertemuan, dalam 17 hari belajar, setiap dua pekan pada hari Sabtu dan Ahad. Untuk materi SYARIAH, meliputi: Tauhid, Aqidah, Ushul fiqh, Dasar Hukum Syariah, Dasar Muamalah Maliyah, dan Ekonomi Syariah. Untuk materi Bisnis dan Manajemen, meliputi: Kewirausahaan, Perencanaan dan Strategi, Manajemen Keuangan, Bisnis Ekspor, Pemasaran dan Lega

Pengertian Merek & Indikasi Geografis

Para pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) sudah sangat familiar dengan istilah Merek, bahkan mereka sebagian besar sudah memiliki merek sendiri walaupun merek tersebut belum semuanya didaftarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM Republik Indonesia. Tetapi, mengenai istilah Indikasi Geografis, sebagian besar pelaku UMKM belum mengetahui istilah tersebut. Berdasarkan fakta tersebut, Saya akan mencoba menerangkan pengertian Merek dan Indikasi Geografis berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Pada pasal 1 Undang-Undang No. 20 tahun 2016 ini menjelaskan bahwa Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 {tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan h